Sabtu, 31 Agustus 2013

Kewajiban Berbakti Kepada Orang Tua

Diposting oleh Anita Puspa Sari di 21.42
Reaksi: 

Kewajiban Berbakti Kepada Orang Tua
Kewajiban anak kepada orang tua adalah merupakan kewajiban yang harus ditunaikan anak kepada ayah ibunya. Karena Islam dan Al-Qur'an sendiri telah mengajarkan untuk untuk berbuat baik kepada orang tua kita sendiri. Karena itulah sebagai seorang anak kita mempunyai kewajiban berbakti pada orang tua kita sendiri yang telah bersusah payah melahirkan dan membesarkan kita semuanya sampai dengan sekarang ini.

Tuntunan Islam dalam hal menghormati dan berbuat baik serta berbakti kepada orang tua telah jelas adanya. Hal ini berdasarkan beberapa dalil mengenai keharusan seorang anak untuk berbuat baik kepada kedua orang tuanya. Salah satunya adalah seperti yang tercantum dalam Al-Qur'an surat Lukman: 14 yang artinya :"Dan Kami perintahkan kepada manusia (agar berbuat baik) kepada kedua orang tuanya. Ibunya telah mengandung dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah dan menyapihnya dalam usia dua tahun. Bersyukurlah kepada-Ku dan kepada kedua orang tuamu. Hanya kepada Aku kembalimu."

Bila kita bersyukur kepada orang tua berarti kita juga bersyukur kepada Allah pada hakekatnya. Dan juga sedemikian pula sebaliknya. Karena memang banayak cara dalam hal
 cara bersyukur kepada Allah. Karena memang salah satu letak keridhoan Allah Ta'ala terletak juga pada keridhoan dan kerelaan orang tua terhadap anak-anaknya. Perintah berbuat baik atau Birrul Walida’in dalam Al-Qur’an telah banyak juga terdapat dalam kandungan Al-Qur'an sebanyak 13 kali. 
Birrul Walidain berasal dari dua kata, birru dan al-walidain. Imam Nawawi ketika mensyarah Shahih Muslim memberi penjelasan, bahwa kata-kata Birru adalah mencakup makna bersikap baik, ramah dan taat yang secara umum tercakup dalam khusnul khuluq (budi pekerti yang agung). Sedangkan, walidain adalah mencakup kedua orangtua, termasuk kakek dan nenek. Jadi, pengertian birrul walidain adalah sikap dan perbuatan baik yang ditujukan kepada kedua orangtua, dengan memberikan penghormatan, pemuliaan, ketaatan dan senantiasa bersikap baik termasuk memberikan pemeliharaan dan penjagaan dimasa tua keduanya.

Ada beberapa hal yang berkaitan dengan beberapa cara memenuhi
 kewajiban anak kepada orang tua yaitu :
Berbuat Baik Kepada Orang Tua.
Hal yang kita lakukan sebagai anak dalam hal ini adalah dengan memberikan penjagaan dan pemeliharaan di hari tua kedua orang tuanya serta juga memberikan perkataan kepada orang tua dengan perkataan yang baik dan mulia.

Mendoakan Orang Tua.
Tentang kewajiban seorang anak kepada bapak ibunya salah satunya adalah dengan mendoakan kebaikan dunia akherat baik keduanya. hal ini seperti tercantum dalam beberapa ayat Qur'an yaitu dengan doa-doa seperti :"Wahai Tuhan-ku, kasihilah mereka berdua, sebagaimana mereka berdua telah mendidikku pada waktu kecil." (Qs. Al-Israa: 24). Dan juga
 doa Nabi Ibrahim yang terdapat Al-Qur'an surat Ibrahim : 41 yang artinya :" Ya Tuhan kami, ampunilah aku, kedua orang tuaku, dan sekalian orang-orang mukmin pada hari terjadinya hisab (hari kiamat )."

Memberikan Sebagian Rejekinya Pada Orang Tua.
Pada hakekatnya memberikan sesuatu kepada orang tua termasuk uang di dalamnya adalah merupakan bagian dari infak yang bisa kita lakukan. Karena apapun yang kita miliki sekarang ini adalah berkat doa-doa orang tua kita yang tidak putus-putus kepada anaknya dan juga berkat perjuangan beliau dalam menyekolahkan dan mendidik kita semuanya. Hal ini juga tercantum dalam Al-Qur'an yang artinya :"… Setiap harta yang kamu infakkan hendaklah diberikan kepada kedua orang tua, kaum kerabat, anak-anak yatim, orang-orang miskin, dan orang-orang yang sedang dalam perjalanan. Dan setiap kebajikan yang kamu lakukan, sesungguhnya Allah Maha Mengetahuinya." (Qs. Al-Baqarah: 215).

Ada juga beberapa hikmah dan keutamaan dalam kita menghormati serta berbakti kepada orang tua kita.
 
Berikut adalah beberapa
 hikmah keutamaan berbakti berbuat baik kepada orang tua yaitu :
  1. Berbakti Pada Orang Tua Termasuk Jihad. Hal ini berdasarkan hadist Nabi Rasulllah Muhammad SAW yang diriwayatkan oleh Bukhari Muslim bahwasannya Abdullah bin Amru bin Ash meriwayatkan bahwa ada seorang lelaki meminta ijin berjihad kepada Rasulullah Shallallahu'alaihi Wasallam. Beliau bertanya, "Apakah kedua orang tuamu masih hidup?" Lelaki itu menjawab, 'Masih.' Beliau bersabda : "Kalau begitu, berjihadlah dengan berbuat baik terhadap keduanya."
  2. Melakukan Ketaatan Kepada Orang Tua Termasuk Penyebab Masuk Surga. hal ini adalah berdasarkan atas dalil sebuah hadist dari Rasulullah Shallallahu 'alaihi Wasallam bersabda : "Sungguh kasihan, sungguh kasihan, sungguh kasihan." Salah seorang Sahabat bertanya, "Siapa yang kasihan, wahai Rasulullah?" Beliau menjawab : "Orang yang sempat berjumpa dengan orang tuanya, kedua-duanya, atau salah seorang di antara keduanya, saat umur mereka sudah menua, namun tidak bisa membuatnya masuk Surga." (HR. Muslim).
  3. Berbuat Baik Dan Berbakti Bisa Menolak Musibah Bencana. Hal ini bisa kita dapatkan dari sebuah hikmah cerita mengenai tiga orang yang terkurung dalam sebuah gua. Dan mereka berdoa dengan amalan kebaikannya masing-masing dan salah satunya adalah dengan melakukan kebaikan kepada ayah ibunya. Masing-masing berdoa kepada Allah dengan menyebutkan satu amalan yang dianggapnya terbaik dalam hidupnya, agar menjadi wasilah (sarana) terkabulnya doa. Salah seorang di antara mereka bertiga, mengisahkan tentang salah satu perbuatan baiknya terhadap kedua orang tuanya, yang akhirnya, menyebabkan pintu gua terkuak, batu yang menutupi pintunya bergeser, sehingga mereka bisa keluar dari gua tersebut. (HR. Bukhari Muslim).
  4. Merperluas Rejeki. Seperti yang pernah diulas dalam sebuah artikel. Baca juga Hikmah Keutamaan Silaturahmi bahwasannya silaturahmi kita terhadap orang tua kita janganlah sampai terputus. Walaupun kita jauh dari kedua orang tua, tali silaturahmi harus tetap dijaga. Apalagi dengan era masa sekarang ini dengan banyaknya alat teknologi yang bisa dilakukan untuk tetap menjalin komunikasi dan silaturahmi. Berbakti kepada kedua orang tua adalah merupakan salah satu dari bentuk aplikasi silaturahim yang paling afdhal yang bisa dilakukan seorang muslim, karena keduanya adalah orang terdekat dengan kehidupannya. Rasulullah Shallallahu'alaihi Wasallam bersabda : "Barangsiapa yang ingin rezkinya diperluas, dan agar usianya diperpanjang (dipenuhi berkah), hendaknya ia menjaga tali silaturahim." (HR. Bukhari Muslim).
  5. Durhaka Kepada Orang Tua, Termasuk Dosa Besar Yang Terbesar. Dari Abu Bakrah diriwayatkan bahwa Rasulullah Shallallahu'alaihi Wasallam bersabda : "Maukah kalian kuberitahukan dosa besar yang terbesar?" Para Sahabat menjawab, "Tentu mau, wahai Rasulullah Shallallahu'alaihi Wasallam." Beliau bersabda : "Berbuat syirik kepada Allah, dan durhaka terhadap orang tua." Kemudian, sambil bersandar, beliau bersabda lagi, "..ucapan dusta, persaksian palsu.." Beliau terus meneruskan mengulang sabdanya itu, sampai kami (para Sahabat) berharap beliau segera terdiam. (HR. Bukhari Muslim).

0 komentar:

Posting Komentar

 

just a blog. not real. Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review