Sabtu, 31 Agustus 2013

Puasa Sunnah 6 Hari Syawal

Diposting oleh Anita Puspa Sari di 21.53
Reaksi: 
Puasa Sunnah 6 Hari Syawal
Puasa Syawal adalah merupakan bagian dari beberapa puasa sunnah yang ada dalam dalam ajaran Islam dan juga dicontohkan oleh Rasulullah SAW. Puasa 6 Hari Bulan Syawal adalah merupakan bagian dari meneruskan puasa Ramadhan yang telah dilaksanakan selama 1 bulan penuh dan senantiasa untuk melanjutkan kebaikan dan amalan-amalan sunnah selepas bulan penuh kemuliaan Ramadhan Mubarak ini.

Dalil pelaksaan ibadah berpuasa sunnah dalam bulan Syawal ini adalah merujuk pada sebuah hadist yang artinya adalah :"Barangsiapa berpuasa penuh di bulan Ramadhan lalu menyambungnya dengan (puasa) enam hari di bulan Syawal, maka (pahalanya) seperti ia berpuasa selama satu tahun." (HR. Muslim).
Hikmah keutamaan puasa sunnah Syawal adalah salah satunya bahwasannya puasa selama 6 hari di bulan syawal merupakan juga menyempurnakan rangkaian ibadah puasa Ramadhan. maka barangsiapa yang berpuasa Ramadhan sebulan penuh, dan selanjutnya menunaikan berpuasa sunnah pada bulan Syawwal, maka dia akan mendapatkan pahala puasa selama setahun penuh.

Keutamaan dan
 manfaat berpuasa sunnah di bulan syawal ini tentunya adalah bagi orang-orang yang telah melaksanakan puasa sebulan penuh. Bila ada halangan karena sakit atau pun bepergian, maka alangkah baiknya sebelum memulai berpuasa, sudah membayar hutang puasa Ramadhan sebelumnya ataupun meng-qadhanya terlebih dahulu.

Beberapa keutamaan berpuasa 6 hari syawal yaitu :
  1. Mendapatkan syafaat Rasulullah SAW karena telah menghidupkan sunnah-sunnah beliau termasuk dalam rangka shaum syawal ini selama 6 hari.
  2. Merupakan salah satu jalan dan cara untuk selalu memupuk kecintaan dan keimanan dengan senantiasa beribadah baik itu wajib maupun sunnah.
  3. Menutup beberapa kekurangan kita ketika kita sedang menjalankan puasa Ramadhan yang lalu.
  4. Membiasakan puasa setelah Ramadhan menandakan diterimanya puasa Ramadhan, karena apabila Allah Ta'ala menerima amal seorang hamba, pasti Dia menolongnya dalam meningkatkan perbuatan baik setelahnya.
  5. Ungkapan rasa syukur seorang hamba atas pertolongan dan ampunan yang telah dianugerahkan Allah kepadanya adalah dengan berpuasa setelah Ramadhan.

Cara mengerjakan puasa syawal ini 6 hari tersebut bukanlah hari-hari tertentu/terbatas dari bulan Syawwal. Namun boleh bagi seorang mukmin untuk memilihnya. Jika mau dia boleh berpuasa pada awal bulan, jika mau boleh berpuasa pada pertengahan bulan, dan jika mau boleh berpuasa pada akhir bulan, jika mau boleh mengerjakannhya secara terpisah-pisah.

0 komentar:

Posting Komentar

 

just a blog. not real. Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review